PENGERTIAN SMARTPHONE

PENGERTIAN SMARTPHONE

Smartphone adalah sebuah alat telekomunikasi yang dilengkapi dengan sistem operasi yang dapat menjalankan fitur-fitur tertentu yang kemampuannya melebihi telepon genggam biasa. Bisa dikatakan bahwa smartphone ini adalah pengembangan lebih jauh dari handphone. Dan dengan kemampuannya yang sangat luar biasa, smartphone (jenis tertentu) memiliki fungsi-fungsi layaknya seperti sebuah komputer.

Sebenarnya belum ada standar pabrik yang menentukan arti atau pengertian dari smartphone ini. Namun bagi beberapa orang, smartphone diartikan sebagai sebuah telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Dan bagi sebagian orang lainnya, Smartphone adalah sebuah telepon yang menyajikan fitur-fitur canggih seperti diantaranya surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book). Atau dengan kata lain, Smartphone adalah komputer kecil yang memiliki kemampuan sebuah telepon.

Untuk lebih memahami pengertian smartphone ini, mari simak beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian smartphone:

1)      Williams dan Sawyer

Menurut Williams dan Sawyer, smartphone adalah telepon seluler yang dilengkapi dengan menggunakan berbagai layanan seperti, memori, mikroprosesor, layar, dan modem bawaan. Sehingga fitur yang ada di smartphone bisa dikatakan lebih lengkap dibandingkan dengan fitur-fitur yang ada di hendphone.

2)      David Wood

David Wood adalah seorang Wakil Presiden Eksekutif PT Symbian, ia mengungkapkan bahwa smartphone bisa dibedakan dengan telepon genggam biasa dengan dua cara fundamental, yaitu dengan cara bagaimana mereka dibuat dan apa yang mereka bisa lakukan.

3)      Ridi Ferdiana

Menurut Ridi Ferdiana secara umum smartphone adalah jenis perangkat ponsel yang memiliki banyak fitur dari ponsel biasanya, oleh sebab itu smartphone selain bisa digunakan sebagai alat komunikasi juga bisa digunakan sebagai alat bisnis oleh penguasa media maupun oleh masyarakat secara umum.

Menurut pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa smartphone adalah ponsel genggam yang didalamnya terdapat sistem operasi, fitur-fitur serta kemampuan layaknya sebuah komputer. Kebanyakan ponsel yang dikategorikan sebagai smartphone menggunakan sistem operasi yang berbeda-beda. Dalam hal fitur, kebanyakan smartphone sudah mendukung sepenuhnya fasilitas surel dengan fungsi pengatur personal yang sangat lengkap.

Fungsi lainnya bisa menyertakan layar sentuh, miniatur papan ketik QWERTU, kamera, pemutar musik, penjelajah foto dan melihat klip video, penghitung kecepatan, navigasi peranti lunak dan keras, pengaturan daftar nama, kemampuan membaca dokumen bisnis, penjelajah internet, atau hanya sekadar akses aman untuk membuka surel perusahaan. Fitur yang paling sering ditemukan pada smartphone ialah kemampuan menyimpan daftar nama yang banyak, tidak seperti halnya telepon genggam biasa yang memiliki batasan maksimum penyimpanan daftar nama.

Pengertian Smartphone

Macam - Macam Sistem Operasi Smartphone

1)      Android OS
2)      iOS
3)      Windows Phone
4)      BlackBerry OS
5)      FireFox OS
6)      Bada OS
7)      Symbian OS
8)      Tizen OS
9)      MeeGo OS
10)  Palm OS
11)  Ubuntu OS

Ponsel cerdas (smartphone) di Indonesia sendiri mempunyai segmentasi yang secara umum dapat dikelompokkan berdasarkan level harga dan spesifikasinya menjadi 3 kelas, antara lain yaitu:
1)      Ponsel cerdas kelas atas (high-end)
2)      Ponsel cerdas kelas menengah (middle level)
3)      Ponsel cerdas kelas bawah (entry level)

Ponsel cerdas kelas atas (high-end) adalah ponsel cerdas yang mempunyai spesifikasi perangkat keras yang sangat tinggi. Semartphone kelas atas pada umumnya dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan yang membuatnya sangat lengkap dan menonjol dalam pengoperasiannya. Selain dari sisi prosesor, GPU, mempri, jenis layar, ukuran layar, dan kamera, smartphone kelas atas biasanya mempunyai desain yang premium. Beberapa vendor smartphone yang bermain pada level smartphone kalas atas diantaranya yaitu:
a)      Apple dengan produk iPhone
b)      Samsung dengan jajaran seri smartphone Galaxy S dan Galaxy Note
c)      LG dengan seri Optimus G dan L9
d)      OnePlus dengan seri OnePlus 2
e)      HTC dengan seri HTC One

Harga dari smartphone kelas atas bisanya berkisar antara 4 juta hingga 10 juta rupiah. Harga smartphone yang memang cukup mahal ini biasanya memang mempunyai fitur-fitur unggulan selain itu juga lebih terkesan sangat bergengsi.

Selain itu smartphone kelas menengah pada umumnya menyasar target pasar yang menginginkan ponsel cerdas canggih akan tetapi dengan harga serta spesifikasi yang lebih rendah. Level kelas menengah ini cukup banyak peminatnya, khususnya di Indonesia sendiri. Para pemainnya juga semakin banyak, karena produsen lokal ikut bermain pada segmen kelas menengah ini. Sebut saja Samsung, LG, Acer,  Lenovo, Asus, Polytron, dan sebagian ponsel cerdas Sony.

Sementara itu smartphone kelas entry level di Indonesia sendiri juga semakin banyak peminatnya. Sebagian besar porsi untuk smartphone entry level ini dikuasai oleh Android, hal ini karena Android mampu menghadirkan pengalaman ponsel cerdas dengan harga yang sangat terjangkau. Di Indonesia sendiri smartphone entry level ini sudah bisa didapatkan dari harga 500 ribu rupiah hingga harga yang berkisar 1 juta rupiah. Pilihannya juga semakin banyak dan spesifikasi yang ditawarkan tidak terlalu buruk. Mungkin ponsel cerdas kelas entry level bisa menjadi pilihan awal bagi para pengguna ponsel genggam yang masih awam dengan ponsel cerdas serta ingin mencoba belajar dulu.

This Is The Newest Post

1 comments so far

Terima kasih atas pengertian smartphone nya, sangat bermanfaat

Berkomentarlah sesuai dengan topik artikel
EmoticonEmoticon