Standar Web dan Cara Kerja Web

Tags

Standar Web dan Cara Kerja Web

Secara umum pengertian dari standar web adalah solusi teknologi standarisasi yang dikembangkan oleh W3C (World Wide Web Consortium) yang tujuannya ialah untuk menerapkan sebuah standar dalam merancang sebuah website.

HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa standar web yang didefinisikan serta dikelola pemakaiannya oleh W3C (World Wide Web Consurtium). HTML (Hypertext Markup Language) dibuat dan juga dikembangkan oleh Tim Berners-Lee (penemu web). Selanjutnya, bahasa HTML tersebut dipopulerkan oleh browser Mosaic. Selama kurun waktu tahun 90-an sudah muncul berbagai versi HTML dengan berbagai macam fiturnya. Versi-versi HTML yang ada tersebut antara lain yaitu:

1)      Versi 1.0

Versi 1.0 adalah versi pertama setelah lahirnya HTML serta memiliki kemampuan seperti untuk heading, list, paragraph, hypertext, cetak tebal, dan cetak miring pada teks. Selain kemampuan itu juga dukungan dengan peletakan image pada dokumen dengan tidak memperbolehkan peletakan teks disekelilingnya (wrapping).

2)      Versi 2.0

Versi 2.0 diliris pada tahun 1996, tepatnya pada tanggal 14 Januari 1996 dengan beberapa kemampuan tambahan seperti halnya penambahan form. Hal tersebut menjadi pionir untuk membuat sebuah web yang lebih interaktif.

3)      Versi 3.0

Versi 3.0 diliris satu tahun kemudian setelah versi 2.0 dikeluarkan, yaitu pada tanggal 18 Desember 1997, yang dikenal dengan HTML+. Versi 2.0 ini mempunyai beberapa vitur tambahan seperti fitur table di dalam paragraph.

4)      Versi 3.2

Selanjutnya adalah versi 3.2 yang diliris pada buan Mei tahun 1998, versi 3.2 ini merupakan versi terbaru penyempurnaan dari versi sebelumnya yaitu versi 3.0.

5)      Versi 4.0

Pada tanggal 24 Desember 1999 versi 4.0 akhirnya dirilis dengan penambahan beberapa fitur seperti adanya link, image, imagemaps, dan lain sebagainya.

6)      Versi 5.0

Versi 5.0 diliris pada tahun 2009 yang menjadi standar baru untuk HTML, XHTML, dan DOM HTML. Versi HTML 5 ini adalah proyek kerja sama antara W3C (World Wide Web Consurtium) dengan WHATG (Web Hypertext Application Technology Working Group).

Spesifikasi HTML5 belum final saat ini, akan tetapi diyakini oleh banyak pihak akan menjadi standar yang diterima dimasa yang akan datang. Beberapa browser pada masa itu (lihat Tabel 1.1) sudah mendukung HTML5.

Standar Web dan Cara Kerja Web

Pada HTML5, dalam menuliskan sebuah tag dan atribut dengan huruf kecil tidak ada lagi. Melainkan diberi kebebasan untuk memakai huruf kecil, huruf capital, maupun kombinasi dari keduanya. Bahkan, nilai suatu atribut akan diberi tanda petik ataupun tidak itu sama saja. Browser saat ini tidak lagi mempedulikan hal-hal seperti itu.

Cara Kerja Web

Sebuah web browser ialah program perangkat lunak yang dipakai untuk mengakses World Wide Web (WWW) dari Internet. Browser pertama yang juga disebut dengan NCSA Mosaic, dikembangkan di Pusat Nasional untuk Aplikasi Super Komputer pada awal tahun 1990-an. Yang mudah dipergunakan, hanya cukup klak-klik saja sehingga membantu mempopulerkan sebuah Web.

Meskipun cukup banyak browser yang berbeda yang tersedia, namun Microsoft Internet Explorer dan juga Mozilla Firefox yang jauh lebih populer daripada yang lainnya. (Banyak pengguna Mac lebih memilih untuk menggunakan browser Safar). Persaingan untuk dapat mendominasi pasar telah membawa perbaikan secara terus-menerus untuk peningkatan standar perangkat lunak (keduanya didasarkan pada NCSA Mosaic) bisa mendownload Internet Explorer dan Firefox secara gratis dari situs web masing-masing perusahaan yang membuatnya. Apabila sudah mempunyai satu browser, bisa menguji yang lain. Serta mencatat bahwa terdapat sedikit perbedaan antara versi Windows dan Macintosh.

Anatomi Browser

Ketika pertama kali membuka sebuah browser web, umumnya dengan mengklik dua kali pada icon didesktop komputer, maka halaman web yang telah ditetapkan tersebut akan muncul. Halaman inilah yang disebut dengan halaman “home” atau halaman awal. Dengan browser Mozilla Firefox misalnya, mungkin nantinya akan dibawa ke halaman awal Mozilla ataupun ke halaman yang dipilih oleh penyedia layanan Internet yang bersangkutan. Namun jika ingin, bisa dengan mudah mengubah halaman awal tersebut sesuai dengan keinginan kita.

WWW (World Wide Web) sampai saat ini merupakan bagian yang paling populer dari Internet. Setelah menghabiskan beberapa waktu untuk menjelajah Web maka akan terasa bahwa tidak ada batas untuk apa yang bisa ditemukan. Web selain memungkinkan untuk membuat beragam komunikasi, juga memungkinkan untuk mengakses serta berinteraksi dengan teks, grafis, foto, animasi, audio dan video.

Lalu apa saja sebenarnya yang membentuk web ini? Pada tingkatan yang paling sederhana, Web secara fisik terdiri atas komputer pribadi ataupun perangkat mobile, perangkat lunak web browser, sambungan ke Internet, komputer yang disebut dengan server yang disebut hosting dan router serta switch yang akan mengarahkan aliran informasi.

Terdapat banyak pilihan perangkat lunak server, akan tetapi dua yang paling populer yaitu Internet Information Services (IIS ) dari Microsoft dan Apache (perangkat lunak open source untuk server). Apache sendiri tersedia secara bebas untuk komputer berbasis Unix dan bisa diinstal pada Mac menjalankan Mac OS X. Terdapat versi Windows juga. Microsoft IIS, merupakan bagian dari keluarga Microsoft.

Standar Web dan Cara Kerja Web

Setiap komputer dan perangkat (router, modem, smartphone, mobile, dan sebagainya) yang terhubung ke Internet akan diberi alamat IP numerik yang unik (IP adalah singkatan dari Internet Protocol). Contohnya, komputer yang dihosting google.com mempunyai alamat IP 173.194.34.99. Seluruh angka-angka tersebut bisa memusingkan, tetapi untungnya ada Domain Name System (DNS) yang dikembangkan untuk memungkinkan kita dapat merujuk ke server dengan nama domainnya, yaitu "google.com ", juga. Alamat IP (Internet Protocol) numerik berguna untuk perangkat lunak komputer, sementara nama domain agar lebih mudah diakses oleh manusia.

Pencocokan antara nama domain ke alamat IP numerik masing-masing merupakan tugas dari server. Hal tersebut dimungkinkan untuk mengkonfigurasi server web sehingga lebih dari satu nama domain dipetakan kedalam satu alamat IP, sehingga dapat memungkinkan beberapa situs untuk berbagi server tunggal.

Sebuah halaman web merupakan dokumen elektronik yang ditulis dalam bahasa komputer yang disebut dengan HTML, yaitu singkatan dari Hypertext Markup Language. Setiap halaman web mempunyai alamat yang sangat unik, yang disebut dengan URL atau Uniform Eerources Locator yang mengidentifikasi dimana web server yang memuat dokumen web tersebut.

Sebuah website mempunyai satu ataupun lebih halaman web terkait, tergantung kepada bagaimana hal tersebut dirancang. Halaman web pada sebuah situs yang dihubungkan bersama melalui sistem hyperlink, akan memungkinkan untuk melompat diantara halaman web dengan cukup mengklik pada link yang tersedia.

Halaman Web bervariasi dalam desain dan juga kontennya, akan tetapi banyak yang memakai format majalah tradisional. Pada bagian atas halaman disebut “header” seperti kop surat ataupun gambar banner, lalu kemudian daftar item dan artikel. Daftar item atau menu biasanya adalah link ke halaman lain ataupun situs lain. Terkadang link ini disusun dalam daftar, seperti indeks. Bisa pula kombinasi dari keduanya. Sebuah halaman web memungkinkan juga menggunakan gambar sebagai link untuk menrujuk ke konten lainnya.

Lalu bagaimana membedakan mana teks yang ada tautan/link dengan yang tidak ada? Link akan muncul dalam warna yang berbeda dari teks, pada umumnya dengan warna biru dan sering pula digarisbawahi apabila memindahkan kursor diatas link teks ataupun melalui link grafis, perubahan icon dari panah ke tangan.

Web merupakan media yang sangat dinamis. Untuk mendorong pengunjung agar kembali mengenjungi sebuah situs, banyak penerbit web sering memperbarui konten-kontennya. Itulah yang membuat sebuah Web begitu menarik.

Berkomentarlah sesuai dengan topik artikel
EmoticonEmoticon