MEMBUAT LIST MINIMAL

Tags

MEMBUAT LIST MINIMAL

List ialah bagian teks didalam dokumen yang berisikan daftar item dari suatu kelompok ataupun grup tertentu. Contohnya seperti dalam situs web yang memiliki tema kuliner, list didalamnya bisa berupa daftar dari makanan dan minuman dengan harganya. List bisa juga berupa prosedur (urutan langkah-langkah) dari sebuah pekerjaan tertentu, yang bersifat harus dilakukan secara berurutan dari langkah pertama sampai dengan langkah terakhir. Berikut ini adalah salah satu contoh List:

Membuat List Minimal

Tipe Daftar/List dalam Dokumen HTML

Dalam dokumen HTML, tipe daftar/List dibedakan menjadi tiga, antar lain yaitu:
1)      Daftar definisi (definition list)
2)      Daftar berurutan (ordered list)
3)      Daftar tidak berututan (unordered list)

1.      Daftar Definisi (Definition List)

Daftar Definisi (definition list) ialah suatu daftar/list yang berisi kumpulan definisi dari suatu istilah-istilah tertentu, misalnya seperti daftar definisi istilah HTML. Contohnya:

Membuat List Minimal
Membuat List Minimal

2.      Daftar Berurutan (Ordered List)

Daftar yang berurutan (ordered list) umumnya ditandai dengan penggunaan penomoran tertentu. Penomoran ini biasanya mempergunakan angka (1, 2, 3,…) ataupun karakter alphabet terntentu (a, b, c,… atau i, ii, iii,…). Daftar yang berurutan (ordered list) biasanya digunakan untuk item-item yang saling berkaitan satu sama lain, ataupun untuk menuliskan langkah-langkah atau prosedur dari kegiatan-kegiatan terntentu yang tidak bisa dilakukan secara acak. Contoh daftar/list yang berurutan ialah pada cara membuat dokumen HTML, misalnya seperti berikut ini:

Membuat List Minimal

Untuk membuat sebuah daftar yang berurutan didalam dokumen HTML, maka digunakan tag <ol> (ordered list), yang berpasangan dengan tag </ol>. Tag <ol> dipakai untuk memulai sebuah daftar berurutan tertentu, sementara tag </ol> berfungsi sebagai penanda bahwa daftar tersebut sudah berakhir. Masing-masing item didalam daftar harus dibuat dengan menggunakan tag <li> (list item), yang kemudian harus ditutup dengan tag </li>. Berikut ini adalah contoh penulisannya:

Membuat List Minimal
Membuat List Minimal

Sementara itu atribut untuk tag <ol> ialah “type” yang menunjukan jenis penomorannya. Secara standart, tipenya yaitu memakai penomoran 1, 2, 3, 4 dst. Selain tipe default, tipe lain yang juga bisa dipakai untuk keperluan penomoran dalam suatu list yaitu sebagai berikut:
 
Membuat List Minimal

3.      Daftar Tidak Berurutan (Unordered List)

Daftar yang tidak berurutan (unordered list) ialah daftar yang item-itemnya bisa diubah posisinya secara acak. Daftar seperti ini tidak memakai penomoran seperti halnya di atas, melainkan hanya dengan memakai tanda ataupun symbol tertentu, misalnya seperti gambar kotak atau bulat (bullet). Contohnya:

Membuat List Minimal

Pada contoh yang ada di atas, kita bisa mengubah atau mengacak secara bebas urutan dari masing-masing item yang ada tersebut. Hal ini karena setiap item yang ada tidak mempunyai keterkaitan satu sama lain dengan item-item lainnya, berbeda halnya dengan suatu urutan langkah tertentu yang harus selalu ditulis secara berurutan.

Untuk membuat sebuah daftar yang tidak berurutan didalam dokumen HTML, maka digunakan tag <ul> (unordered list), yang berpasangan dengan tag </ul>. Tag <ul> ini dipakai untuk memulai sebuah daftar berurutan tertentu, sementara tag </ul> ini berfungsi sebagai penanda bahwa daftar tersebut sudah berakhir. Masing-masing dari item didalam daftar tersebut harus dibuat memakai tag <li> (list item), yang kemudian tentu saja perlu ditutup dengan tag </li>. Berikut ini adalah contoh penulisannya:

Membuat List Minimal

Sementara itu atribut untuk tag <ul> merupakan “type” yang menunjukan jenis tanda untuk setiap item yaitu berupa tanda bulatan untuk defaultnya. Selain tipe default tersebut, tipe lain yang bisa dipakai untuk keperluan unordered list antara lain yaitu:

Membuat List Minimal

Berkomentarlah sesuai dengan topik artikel
EmoticonEmoticon