MEMBUAT LIST KOMBINASI

Tags

MEMBUAT LIST KOMBINASI

List ialah bagian teks didalam dokumen yang berisikan daftar item dari suatu kelompok ataupun grup tertentu. Contohnya seperti dalam situs web yang memiliki tema kuliner, list didalamnya bisa berupa daftar dari makanan dan minuman dengan harganya. List bisa juga berupa prosedur (urutan langkah-langkah) dari sebuah pekerjaan tertentu, yang bersifat harus dilakukan secara berurutan dari langkah pertama sampai dengan langkah terakhir maupun yang bersifat tidak berurutan dan kombinasi dari keduanya. Perhatikan daftar/list berikut ini:

Membuat List Kombinasi

Bisa dilihat bahwa daftar/list di atas merupakan gabungan daftar/list berurutan dan daftar/list tidak berurutan. Untuk dapat membuat daftar/list diatas pada dokumen HTML maka kiata cukup menggabungkan tag <ol> dangan tag <ul>. Perhatikanlah contoh penggabungan tag <ol> dengan tag <ul> berikut ini:
 
Membuat List Kombinasi

Ketika kita menggabungkan tag tidak berurutan <ul> tipe bullet dengan tag tidak berurutan <ul> pada daftar/list selanjutnya, maka daftar/list yang kedua oleh browser secara otomatis akan ditampilkan menjadi daftar bullet. Namun tidak demikian dengan daftar list berurutan <ol>, maka agar tipenya sama dengan daftar/list berurutan sebelumnya, maka kita harus memberikan atribut tipe yang sama dengan daftar berurutan sebelumnya. Contohnya sebagai berikut:
 
Membuat List Kombinasi

Memulai dengan Nomor Tertentu

Untuk membuat sebuah daftar/list bernomor dengan urutan yang tidak dimulai dengan nomor 1 (nomor/huruf awal), maka sebelumnya kita harus mendefinisikan dengan atribut “start” pada elemen tag <ol>. Misalnya seperti berikut ini:

Membuat List Kombinasi

Maka urutan daftar/list yang ditampilkan akan dimulai dengan nomor 17, selanjutnya nomor 18 dan 19. Demikian pula jika:
 
Membuat List Kombinasi

Maka urutan daftar/list yang ditampilkan akan dimulai dengan huruf Q, selanjutnya R, dan huruf S. Pemakaian daftar bernomor yang tidak dimulai dengan nomor awal, biasanya dibutuhkan jika daftar yang kita buat sudah diselingi dengan beberapa paragraph, sehingga ketika dibuat daftar/list bernomor, secara default/otomatis akan dimulai lagi dari awal, padahal harusnya melanjutkan nomor sebelumnya. Maka dipakailah atribut “start=” tersebut.

Berkomentarlah sesuai dengan topik artikel
EmoticonEmoticon